4 Jenis Cerita Fiksi Kisah Putri Tangguk dan Penjelasannya

oleh -71 views

Jenis Cerita Fiksi Kisah Putri Tangguk – Cerita fiksi adalah cerita yang kejadian dalam riwayat cerita tersebut bersifat fiksi atau tidak nyata, bisa di sebut juga dengan cerita hayalan. Biasanya cerita fiksi erat kaitannya dengan cerita-cerita yang di buat dengan alur yang terlihat nyata.

 

Cerita fiksi biasanya berasal dari cerita penulis itu sendiri, atau bisa juga berasal dari pengalaman orang-orang di sekelilingnya, kemudian di buat menjadi sebuah cerita yang menarik. Dengan menambahkan cerita agar terlihat lebih nyata dan sampai kepada pembacanya.

 

 

Cerita-cerita fiksi banyak di gemari hampir semua kalangan, tidak hanya anak kecil saja namun para remaja dan orang tua terkadang masih menyukai beberapa judul kisah fiksi. Mengingat cerita fiksi adalah sebuah hayalan sehingga biasanya pembaca lebih berfantasi akan cerita tersebut.

 

Terdapat banyak jenis-jenis cerita fiksi yang bisa kalian dapatkan, selain cerita fiksi dari Kisah Putri Tangguk, kalian juga bisa mencoba belajar mengenai jenis cerita fiksi berjudul Si Pitung.Dengan sering membaca cerita rakyat kalian akan mendapatkan banyak pengalaman membaca yang asyik.

Read More :  Kesholehahan Istri Diuji Saat Suami Tak Punya Apa-Apa, Dan Kesholehan Suami Diuji Saat Dia Punya Segalanya

 

Jenis Cerita Fiksi Kisah Putri Tangguk

 

Jenis Cerita Fiksi Kisah Putri Tangguk

 

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menyimak artikel lengkap mengena jenis cerita fiksi dari Kisah Putri Tangguk, selain itu kalian juga bisa membaca sedikit rangkuman mengenai Kisah Putri Tangguk yang sudah kami tuliskan di artikel kali ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Jenis Cerita Fiksi dari Kisah Putri Tangguk

 

Jenis Cerita Fiksi dari Kisah Putri Tangguk

 

 

    • Jenis cerita fiksi kisah Putri Tangguk adalah cerita rakyat/cerita legenda dimana kisah ini berkembang dari mulut ke mulut dan di percaya oleh masyarakat.

 

    • Tokoh utama dalam cerita ini adalah Putri Tangguk dan kakek tua. Kemudian ada tokoh tambahan yaitu suami serta ketujuh anak Putri Tangguk.

 

    • Kisah Putri Tangguk tedapat peran protagonis dan peran antagonis. Tokoh protagonis dalam cerita ini adalah kakek tua, suami, serta anak Putri Tangguk.

 

    • Sedangkan untuk peran protagonis adalah si Putri Tangguk itu sendiri, di karenakan putri tangguk yang memiliki sifat sombong dan tidak bersyukur.

 

 

Read More :  7 Tips Budidaya Ikan Nila dari Pilih Kolam, Bibit & Perawatan

Kisah Putri Tangguk

 

Kisah Putri Tangguk menceritakan tentang seorang perempuan sekaligus istri dan ibu dari ke 7 ananknya. Berawal dari sebuah negeri bernama Negeri Bunga tempatnya berada di Kecamatan Danau Kerinci. Kemudian hidup seorang perempuan bernama Putri Tangguk dan suaminya serta ke tujuh anak mereka. Putri Tangguk beserta suaminya bekerja sebagai petani di desa mereka. Hal tersebut di lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

 

Suatu hari Putri Tangguk meminta kepada suaminya untuk bekeja sampai gudang persediaan padi terpenuhi agar mereka tidak perlu bekerja selama persediaan padi masih cukup, kemudian suaminyapun setuju. Kemudian mereka berdua mulai bekerja untuk memenuhi gudang persediaan padi. Pada suatu hari Putri Tangguk dan suaminya serta ke tujuh anak mereka sedang berjalan ke sawah karena jalanan licin, Putri Tangguk terpeleset dan memaki-maki jalanan tersebut.

 

Keesokan harinya Putri Tangguk menutup jalan tersebut menggunakan padi. Setelah hari-hari di lalui dengan bekerja, gudang persediaan mulai penuh oleh padi. Sehingga Putri Tangguk dan suaminya tidak perlu bekerja lagi karena persediaan padi mereka masih cukup. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama, ketika ketujuh anak Putri Tangguk sedang kelaparan meminta makan. Lalu Putri Tangguk menuju ke gudang persediaan untuk mengambil padi.

Read More :  Macam Macam Teori Belajar : Pengertian dan Contohnya

 

Alangkah terkejutnya Putri Tangguk melihat persediaan padi di gudang sudah habis, padahal seharusnya persediaan padi tersebut masih cukup. Sepulangnya Putri Tangguk dari gudang, melintasi jalanan dimana ia menaburkan padi agar jalanan tersebut tidak licin, Putri Tangguk teringat bahwa seharusnya dia tidak melakukan hal tersebut. Setibanya malam hari ia tertidur dan bermimpi di datangi oleh kake-kakek tua dan berkata bahwa keluarga mereka akan jatuh miskin karena telah membuang padi di jalanan. Putri Tangguk pun terbangun dan menyesali perbuatannya.

 

Demikian artikel mengenai jenis cerita fiksi Putri Tangguk yang lengkap dengan pemeran serta pengetian mengenai jenis-jenis cerita fiksi. Selain itu kalian juga bisa membaca rangkuman cerita Kisah Putri Tangguk yang sudah kami berikan di atas. Terdapat banyak pesan moral dan pelajaran yang bisa kita ambil dari Kisah Putri Tangguk. Jenis cerita fiksi legenda memang di gemari oleh masyarakat bahkan biasanya di percaya oleh masyarakat itu sendiri.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *